>8 Widget Essensial Bagi Blogger Pemula


>Untuk membuat tampilan blog yang elegant namun nampak sederhana tidaklah terlalu sulit. Bagi blogger pemula, awalnya akan menjadi masalah tersendiri. Namun dengan seiringnya waktu maka mengerti dengan sendirinya. Salah satu faktor yang mendukung dari sebuah tampilan blog adalah penggunaan widgets atau elemen blog.

Ada banyak widget untuk blogger yang tersedia yang langsung dapat diaplikasikan pada sebuah blog, salah satunya Follower. Namun sayangnya saya tidak akan membahas widget ini. Widget essensial yang harus dimiliki oleh sebuah blog adalah bagian terpenting yang dapat mempengaruhi trafik maupun secara estetika. Widget apa saja yang harus dimiliki oleh blogger pemula? (ini menurut saya lho…)

1.Penggunaan pemenggalan paragrap. Biasanya ditandai dengan kata Readmore, Baca selanjutnya, View Full, Full Article, dan sebagainya.
2.Kotak Komentar. Kotak komentar dipergunakan untuk memberikan pendapat visitor terhadap tulisan yang telah diposting.
3.Recent Post. Untuk melihat update postingan terbaru dengan memanfaatkan layanan RSS Feed Blogger ataupun Feedburner.
4.Recent Comment. Digunakan untuk melihat komentar-komentar yang diberikan visitor dengan layanan RSS Feed.
5.Total Post and Comment. Dengan ini visitor akan tahu seberapa banyak artikel yang telah diposting dan seberapa banyak total komentar yang diberikan visitor pada sebuah blog.
6.Popular Post. Secara tak langsung popular post akan memiliki daya tarik bagi visitor. Dengan widget ini akan diketahui artikel apa saja yang banyak dibaca dan dikomentari visitor.
7.Related Post. Menampilkan artikel yang berhubungan. Dengan cara ini akan menarik perhatian visitor untuk membuka artikel yang lainnya.
8.Buku Tamu. Fasilitas ini dapat memanfaatkan layanan dari pihak ke-tiga. Misalnya Shoutmix. Dengan Buku Tamu, visitor dengan mudah meninggalkan pesan singkat pada blog anda.

Ke delapan widget diatas sudah dilengkapi link tutorial. Semoga bermanfaat.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: