>Mengembangkan Bakat Kepemimpinan Pada Anak (bag 1)


>

Pernahkah anda mengamati anak anda sewaktu sedang bermain dengan teman-temannya? Apakah anda sempat merasa kecewa karena anak anda hanya mengekor saja apa yang dikatakan temannya? Menurut Tim Elmore, seorang komunikator, ia percaya bahwa setiap anak memiliki potensi menjadi seorang pemimpin. Mungkin si anak tidak akan menjadi orang yang terkenal, tetapi setiap anak memiliki potensi untuk dapat mempengaruhi orang lain.
Beberapa anak mungkin terlahir dengan memiliki intuisi sebagai seorang pemimpin. Mereka memiliki inisiatif dan bisa dengan mudah memiliki beberapa ’pengikut. Namun, kepemimpinan yang baik dan efektif membutuhkan beberapa ketrampilan yang harus dipelajari. Seorang pemimpin alami terkadang tidak sadar bahwa ia bersikap ’bossy’ atau semaunya. Pakar kepemimpinan, John Maxwell bahkan menulis buku mengenai 21 kualitas yang harus dimiliki seorang pemimpin. (The 21 indispensable qualities of a leader).
Nah, masalahnya bagaimana mengembangkan bakat kepemimpinan pada anak-anak kita?

Berdasarkan buku yang ditulis oleh Tim Elmore, Mengembangkan Bakat Kepemimpinan pada Anak Anda, langkah-langkah ini disusun untuk menjadi panduan bagi para orang tua dalam mengembangkan kepemimpinan pada anak-anak mereka.
Ada 4 tahap yang harus dilalui :
1. Apa yang harus anda ketahui
Dalam tahapan ini, anda diharapkan mengenal anak anda sehingga bisa berkomunikasi dengan mereka.
2. Apa yang harus diketahui oleh anak anda
Tahapan ini memberikan hal-hal dasar mengenai kepemimpinan yang harus diketahui oleh anak-anak
3. Kapan waktunya
Dalam bagian ini akan dibahas mengenai waktu-waktu yang tepat untuk mengajarkan hal-hal prinsip kepada anak-anak
4. Bagaimana cara mendampingi anak anda mengembangkan bakat kepemimpinannya
Tahapan ini membahas mengenai bagaimana cara yang efektif untuk mendampingi anak anda mengembangkan bakat kepemimpinannya.
TAHAP 1 : APA YANG HARUS ANDA KETAHUI
1. Mengapa anda ingin anak anda menjadi seorang pemimpin?
Beberapa orang tua yang ditanya pertanyaan ini menjawab karena mereka melihat potensi anak mereka sebagai pemimpin, karena mereka ingin melihat anak-anak mencapai yang terbaik yang bsia mereka dapatkan, karena mereka ingin anak-anak mereka untuk membuat perbedaan, karena mereka ingin anak-anak mereka yang mempengaruhi daripada dipengaruhi dan masih banyak lagi.
Apa jawaban anda?
2. Apa hambatan yang anda lihat?
Beberapa jawaban yang ada misalnya saya melihat potensi anak saya tetapi saya tidak tahu bagaimana mengembangkannya, saya bukan contoh yang baik, saya tidak tahu bagaimana mengajarkan kepemimpinan kepada anak-anak, saya tidak punya banyak waktu, dan lain sebagainya.
3. Bagaimana profil anak-anak jaman sekarang?
Berdasarkan riset yang dilakukan di Amerika, anak-anak yang lahir tahun pada akhir tahun 1980an memiliki profil sebagai berikut :
? Mereka merasa spesial karena menjadi pusat perhatian orang tua
? Mereka senang berada dalam kelompok (keluarga/ kelompok pertemanan) dan berorientasi pada kelompok serta memiliki kecenderungan untuk bekerja sama
? Mereka optimis dan percaya diri
? Mereka sangat tergila-gila pada media seperti internet, telepon genggam, dll
? Mereka melintas waktu & tempat
? Mereka memiliki banyak tekanan
? Mereka kebanyakan bersikap santai dalam hal uang
? Mereka optimis
4. Apakah Anda mengerti dan dapat berkomunikasi dengan generasi saat ini ?
Dibandingkan dengan beberapa generasi sebelumnya, anak-anak saat ini lebih banyak langsung mengalami sesuatu hal (Experiential), lebih interaktif (Participatory), lebih visual (Image driven) serta langsung terhubung dengan apa yang mereka inginkan (Connected). Bagi anda dengan anak yang sudah beranjak remaja, jurang komunikasi sering terjadi karena adanya perbedaan persepsi antara orang tua dengan anak. Bagaimana anda mengatasinya?
5. Relevansi terhadap budaya yang ada
Sebagai orang tua, anda harus ikut belajar, mengerti dan berkembang seiring dengan anak-anak sambil tetap mempertahankan berbagai nilai kehidupan yang tidak lekang dimakan waktu seperti kejujuran, sopan santun dan lain sebagainya.
6. Cara Mendidik yang tidak tepat
Ada beberapa cara mendidik yang tidak tepat, yaitu :
? Helikopter : orang tua seperti ini selalu membayang-bayangi anaknya untuk memastikan mereka mendapatkanj semua yang diperlukan
? Dry Cleaner : Orang tua jenis ini memilih sekolah yang bagus dan menganggap sekolah bertugas untuk membentuk anak-anak menjadi baik
? Monster : Orang tua seperti ini memaksakan mimpi yang tidak berhasil mereka penuhi kepada anak-anaknya
? Karaoke : Orang tua yang ingin menjadi teman anaknya dengan berusaha memiliki kepribadian seperti layaknya teman-teman si anak
7. Tumbuh di Dunia Modern
Para orang tua muda mungkin sudah hidup di jaman modern, tetapi anak-anak kita hidup di jaman super modern. Coba lihat bedanya :
Modern Super Modern
Humanitarian : Manusia adalah pusat segalanya Fatalism : Manusia tidak memiliki kendali atas segalanya
Kebenaran Mutlak : Kebenaran itu rasional dan akan ditemukan Kebenaran Relatif : Kebenaran itu relatif, semua orang punya versi sendir-sendiri
Pencerahan : Fakta berbicara dengan bukti yang jelas Bersifat naratif : coba ceritakan versi anda
Nilai Universal : etika bersifat universal Toleransi : kita harus toleran terhadap nilai yang dianut orang lain
8. Peran Orang tua yang Sehat : Sebagai Tuan Rumah
Sebagai ’tuan rumah’ yang baik, andalah yang harus mengambil inisiatif untuk memulai pembicaraan sehingga ’tamu-tamu’ merasa nyaman dan mau berbicara.
Beberapa ide agar anak anda mau berbicara & terbuka pada anda :
? Lakukan sebuah proyek yang mengharuskan mereka bekerja sama dengan anda.
? Nonton film bersama. Sesudahnya, diskusikan mengenai tokoh-tokoh serta tindakan kepemimpinan yang ada dalam film tersebut.
? Baca berita utama dan editorial di surat kabar. Tanyakan pendapat mereka.
? Baca komik bersama dan diskusikan bagian yang lucu. Apa moral yang bisa dipelajari?
? Melihat-lihat koleksi foto-foto lama. Bicarakan mengenai bagaimana orang tua anda membesarkan anda
? Minta anak anda mengajarkan sesuatu yang mereka bisa lakukan tetapi anda tidak bisa, misalnya main komputer.
? Bicarakan mengenai iklan di televisi. Bagaimana iklan tersebut meyakinkan para pemirsa?
9. Peran Orang tua yang Sehat : sebagai Dokter, Penasihat dan Pemandu Wisata
Sebagai orang tua, anda juga harus bisa bertindak sebagai
? Dokter (The Doctor) yang memeriksa, bertanya, baru kemudian memberikan solusi
? Penasihat (The Counsellor) yang mendengar, berkomunikasi dan mengerti
? Pemandu (The Tour Guide) yang melakukan perjalanan bersama-sama
TAHAP 2 : APA YANG PERLU DIKETAHUI ANAK-ANAK
10. Hal dasar dari seorang pemimpin
Secara alamiah, sebagian orang memiliki intuisi sebagai pemimpin, namun mereka juga perlu pelatihan agar bisa menjadi pemimpin yang baik.
Ada 4 hal dasar dari seorang pemimpin :
? Karakter : dasar dari kepemimpinan
? Perspektif : Pemimpin harus bisa melihat lebih jauh daripada yang lain
? Keberanian : Sesorang harus berani bertindak agak bisa bergerak maju
? Kebaikan hati : mengajak orang lain untuk ikut dalam perjalanannya.
11. Keseimbangan
Ada 3 jenis anak-anak :
? Pengemudi : Anak-anak yang kelihatannya terlahir alamiah sebagai pemimpin, namun mereka biasanya harus belajar bagaimana berinteraksi dengan orang lain.
Orang tua harus bersikap tegas terhadap anak-anak seperti ini.
? Diplomat : Anak-anak yang pintar mengambil hati dan berinteraksi dengan orang lain, namun mereka harus belajar mengidentifikasi bakat dan tujuan hidup mereka
Untuk mendapatkan kepercayaan, orang tua harus mencari kerja sama dari mereka.
? Pemimpi : Anak-anak yang kreatif dan imajinatif tetapi harus belajar mengendalikan energi mereka.
Orang tua memberikan pilihan dan biarkan mereka yang memutuskan.
12. Jumlah atau Kualitas Waktu?
Berapa banyak waktu yang kita habiskan bersama anak-anak? Mana yang lebih kita pentingkan kuantitas atau kualitas? Atau keduanya?
Apakah anak anda mengatakan anda memberikan waktu yang cukup untuk mereka? Mengapa ya atau mengapa tidak?
13. Kemampuan intrapersonal yang harus dimiliki oleh remaja
Saat anak-anda beranjak remaja, perkenalkan mereka pada ’5 besar kemampuan intrapersonal’ yang harus dimiliki dan beri nilai kemampuan mereka dengan skala 1-10. Mana yang perlu diperbaiki ?
? Kemampuan berkomunikasi : mendengar & menyakinkan orang lain
? Kemampuan memotivasi diri sendiri & orang lain
? Kemampuan mendelegasikan : mengenali kelebihan orang lain serta berbagi kekuasaan dan tanggung jawab
? Kemampuan berkonfrontasi : mampu menyelesaikan perbedaan dengan orang lain
? Kemampuan reproduksi: melengkapi diri & mengembangkan kelompoknya untuk mencapai tujuan bersama
Bersambung ke bagian II
Disarikan dari Nurturing The Leader Within Your Child, Life Plan : What Every Parent Need to Discover, berdasarkan buku yang ditulis oleh Dr. Tim Elmore


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: