>Buku Digital Diterapkan pada Tahun Ajaran Baru


>


MENTERI Pendidikan Nasional Bambang Sudibyo mengatakan, mulai tahun ajaran baru 2008 ini sekolah negeri dan swasta di Indonesia bisa memanfaatkan buku paket digital untuk proses belajar mengajar. Buku digital itu bisa diakses melalui internet maupun melalui compact disc atau CD yang dibagikan Departemen Pendidikan Nasional.
”Buku digital ini merupakan salah satu upaya penyediaan buku murah di Indonesia,” tutur Bambang, Kamis (26/6) di Malang, seusai kampanye antinarkoba dan pencegahan HIV/AIDS di Indonesia.
Buku digital itu, menurut Mendiknas, bisa diakses di internet atau dengan menggandakan dari CD yang telah dibagikan Depdiknas kepada para kepala dinas pendidikan kabupaten dan kota.
”Untuk daerah yang sulit mengakses internet, bisa menggandakan dari CD untuk kemudian di-print dan dicetak di percetakan,” ujar Mendiknas.
Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Shofwan mengatakan sudah menerima 49 keping CD atau buku digital dari Depdiknas dan nantinya akan disebarkan ke sekolah-sekolah.
”Buku ini untuk percepatan mutu pendidikan. Namun, tetap membutuhkan buku-buku lain untuk pengayaan pendidikan,” ujarnya.

Di Minahasa, Wakil Kepala Dinas Pendidikan Nasional Sulut Arnold Poli mengatakan, program buku digital perlu didukung perangkat komputer di sekolah. Untuk sekolah-sekolah di perkotaan, relatif tidak ada masalah, tetapi sekolah di pedesaan membutuhkan penanganan tersendiri, termasuk menyiapkan gurunya.

Sumber: Harian Umum Kompas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: