>Program Djarum Beasiswa Plus


>

Tentang Djarum Beasiswa Plus

Sejarah Singkat.

“Sejak 1984, ribuan mahasiswa menerima Beasiswa dan Program Pengembangan Karakter dari Djarum. Djarum percaya, pendidikan yang baik adalah bekal dalam mewujudkan bangsa yang kokoh, sejahtera dan bermartabat.”

Beasiswa & Pengembangan Karakter
Djarum menyadari, pendidikan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan bangsa dalam mewujudkan masa depan yang lebih baik.
Oleh sebab itu, sejak tahun 1984 melalui program Djarum Bakti Pendidikan, Djarum memberikan beasiswa kepada para mahasiswa-mahasiswi strata satu berprestasi tinggi dari berbagai Perguruan Tinggi baik Negeri maupun Swasta di seluruh Indonesia. Untuk semakin menegaskan komitmennya memajukan dunia pendidikan, mulai tahun ini Djarum Bakti Pendidikan telah berubah menjadi Djarum Beasiswa Plus. Hal ini sesuai dengan arah kegiatan CSR PT Djarum di bidang pendidikan yang akan fokus dan identik dengan pemberian beasiswa.
Para calon penerima Djarum Beasiswa Plus tersebut diseleksi secara ketat dan harus memenuhi persyaratan IQ dan EQ sehingga mereka memiliki kecerdasan emosional dalam proses meraih prestasi.
Selain mendapat bantuan biaya pendidikan, para penerima Djarum Beasiswa Plus (Beswan Djarum) juga menerima manfaat lain berupa program pengembangan karakter yang merupakan kelebihan dari Program Djarum Beasiswa Plus , yaitu dengan mengikuti seminar/lokakarya, pelatihan-pelatihan, leadership, motivasi, outbound, practical skills, maupun kewirausahaan (entrepreneur skill) dan lain-lain agar para Beswan Djarum bisa mandiri dan menjadi pemimpin arif.
Setiap setahun sekali, kecerdasan mereka diasah melalui Lomba Karya Tulis Beswan Djarum (LKT-BD) untuk mengasah kemampuan dan kualitas berpikir kreatif dan inovatif.
Seluruh Beswan Djarum juga berkesempatan untuk berkunjung ke pabrik PT Djarum di Kota Kudus sekaligus menghadiri malam pelantikan sebagai Beswan Djarum dalam satu perhelatan Silaturahmi Nasional

Pada tahun 2003 Ikatan Penerima Beasiswa Djarum (IPBSD) menjadi Ikatan BESWAN DJARUM, singkatan dari Ikatan BEASISWAWAN DJARUM. Sejak itu pula para penerima Djarum Beasiswa Plus disebut dengan Beswan  Djarum.

Terus berkomitmen pada dunia pendidikan
Seiring dengan bertambahnya jumlah Beswan Djarum, diperlukan suatu wadah untuk menampung kegiatan bagi para mahasiswa penerima beasiswa Djarum. Wadah tersebut dinamakan Ikatan Penerima Beasiswa Djarum (IPBSD) yang pada tahun 2003 disempurnakan menjadi Ikatan BESWAN DJARUM, singkatan dari Ikatan BEASISWAWAN DJARUM. Sejak itu pula para penerima Djarum Beasiswa Plus disebut dengan Beswan  Djarum.
Untuk mempertajam kepekaan sosial, Ikatan BESWAN DJARUM secara rutin melakukan berbagai kegiatan sosial dan diklat internal bagi para anggotanya. Mereka juga belajar untuk memiliki rasa berbagi dengan mengajar anak-anak yang tidak mampu di lingkungan masing-masing. Adanya Ikatan BESWAN DJARUM, manfaat yang diperoleh para Beswan Djarum tidak hanya terbatas pada nilai nominal yang diterima setiap bulan.
Melewati usia seperempat abad Program Djarum Beasiswa Plus berjalan, lebih dari 6300 mahasiswa-mahasiswi dari 70 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Indonesia telah menerima Djarum Beasiswa Plus.
Djarum akan terus konsisten dan berusaha menjaga komitmen demi tercapainya masa depan yang penuh cita-cita luhur. Sebuah semangat yang tak akan pernah berhenti untuk terus melahirkan generasi berprestasi.

Misi Djarum Beasiswa Plus
Djarum Beasiswa Plus berperan aktif memajukan pendidikan melalui pembudayaan dan pemberdayaan mahasiswa berprestasi tinggi, dalam berbagai pelatihan soft skills untuk membentuk manusia Indonesia yang disiplin, mandiri dan berwawasan masa depan serta menjadi pemimpin yang cakap intelektual, emosional dan spiritual.

Salam Beswan Djarum

Pada tahun 2010 ini Djarum Beasiswa Plus memasuki tahun ke-26, tahun jangka menengah suatu pengabdian Perusahaan Nasional dalam Dunia Pendidikan. Untuk semakin menegaskan komitmennya memajukan dunia pendidikan, mulai tahun 2010 Djarum Bakti Pendidikan telah berubah menjadi Djarum Beasiswa Plus. Hal ini sesuai dengan arah kegiatan CSR PT Djarum di bidang pendidikan yang akan fokus dan identik dengan pemberian beasiswa. Khususnya dalam pemberian beasiswa dan penyampaian soft skills bagi Beswan Djarum – Beswan Djarum adalah istilah untuk penerima Djarum Beasiswa Plus atau Beasiswawan Djarum.
Komunitas Beswan Djarum, baik yang sedang menerima beasiswa maupun alumninya, disamping menerima pelatihan Soft skillsklaster kualitas ketrampilan personal maupun interpersonal – juga menerima Buku Direktori dan  berkesempatan berkreasi dalam majalah ”BestOne Djarum” sebagai media komunikasi dan informasi internal Beswan Djarum. Memasuki Tahun Ajaran 2010/2011 selain media cetak diatas kepada komunitas Beswan Djarum juga diberikan sarana komunikasi maya lewat website http://www.djarumbeasiswaplus.com sebagai sarana komunikasi baik bagi Beswan Djarum dan para Alumni maupun sebagai sarana informasi bagi publik luas.
Penyampaian pelatihan soft skills dimaksudkan guna menyerasikan antara pencapaian akademik (hard skills) yang diperoleh di kampus dengan berbagai ketrampilan  agar para Beswan Djarum dikemudian hari menjadi manusia yang cakap intelegensia, emosional maupun spiritual. Proses penyampaian soft skills dan sarana komunikasi kepada Beswan Djarum juga manifestasi proses pembudayaan dan pemberdayaan mahasiswa dalam penciptaan manusia Indonesia yang disiplin, mandiri dan berwawasan masa depan sebagai calon pemimpin bangsa.
Website http://www.djarumbeasiswaplus.com diharapkan mampu menjangkau komunitas Beswan Djarum yang tersebar lebih dari 70 PTN/PTS seluruh Nusantara. Dan mampu menghubungkan serta menjalin jejaring komunikasi diantara lebih dari 6300 Beswan Djarum, sejak angkatan 1984/1985 sampai dengan Tahun Ajaran 2010/2011. Website http://www.djarumbeasiswaplus.com dapat juga dimanfaatkan sebagai sarana diskusi dan berbagi informasi berbagai pendapat, wacana, masalah terkini dalam konteks dunia pendidikan.
Apabila dalam pembuatan  isi dari website ini masih terdapat kekurangan, dengan senang hati kami menerima, kritik dan saran untuk pengembangan yang lebih baik.

PT DJARUM

Program Djarum Beasiswa Plus
  1. Djarum Beasiswa Plus diberikan  selama 2 (dua) semester berurutan atau 1 (satu) tahun.
  2. Besarnya dana Djarum Beasiswa Plus pada tahun ajaran 2010/2011 sebesar Rp. 600.000,-(enam ratus ribu rupiah) per bulan.
  3. Menerima pelatihan soft skills seperti : outbound, leadership training, practical skills dan entrepreneurship.

Kegiatan Djarum Beasiswa Plus
  1. Silaturahmi Nasional
    Rangkaian acara peresmian penerima Djarum Beasiwa Plus (disingkat menjadi Beswan Djarum) yang mempertemukan seluruh Beswan Djarum se-Indonesia. Silaturahmi Nasional meliputi kegiatan : Factory Visit dan Forum Rektor.
    • Factory Visit
      Factory Visit, mengajak para Beswan Djarum mengenal Djarum lebih dekat dengan mengunjungi pabrik PT Djarum dan melihat beberapa kegiatan CSR (Corporate Sosial Responsibility) PT Djarum di Kota Kudus.
    • Forum Rektor
      Forum Rektor adalah forum komunikasi antara pihak Djarum dengan pihak Rektorat dari seluruh perguruan tinggi penerima Djarum Beasiswa Plus se-Indonesia. Forum komunikasi menjadi wahana untuk saling memahami, mengevaluasi dan mendapatkan ide bagi pengembangan berkelanjutan program Djarum Beasiswa Plus.
  2. Outbound Training
    Outbond Training, bertemakan team-building, orientasi dan motivasi diri serta pengendalian kepemimpinan diri.
  3. Leadership & Innovation Training
    Serangkaian pelatihan yang mengajak para Beswan Djarum untuk berlatih menjadi pemimpin yang efektif dan memiliki visi masa depan; tercakup dalam pelatihan ini bagaimana membangun kekuatan tim dengan menerapkan kepemimpinan yang tangguh dan bijak.
  4. Lomba Karya Tulis
    Lomba Karya Tulis (LKT) merupakan wahana pembelajaran bagi para Beswan Djarum mengekspresikan kemampuan intelektual dirinya dalam tulisan ilmiah, sekaligus juga merangsang kepekaan terhadap berbagai fenomena sesuai integritas keilmuan masing-masing. Djarum memberikan apresiasi dan nilai relatif tinggi atas karya mereka yang berhasil dalam lomba.
  5. Kegiatan Berskala Lokal
    Sesuai keberadaan dan daerah asal para Beswan Djarum yang beragam, dalam lingkup lokal cukup banyak diselenggarakan beragam kegiatan. Diantaranya :
    • Bakti Sosial (donor darah, bantuan bencana, pendidikan bahasa inggris untuk siswa SD).
    • Pelatihan Jurnalistik dan kunjungan ke institusi media massa.
    • Bimbingan Belajar dan jenis kegiatan lainnya yang secara umum didasari nilai manfaat bagi orang lain.

     


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: