>CVT Mio ke Nouvo Lebih Murah


>

4517hal12_nouvocvt1.jpgAda tawaran menarik buat sobat pemilik Yamaha Nouvo. Yakni, subsitusi kopling CVT di besutan kesayangan. Part penggantinya pun, juga tetap memakai skubek pabrikan berlogo garputala itu. Ya, dari Yamaha Mio.

“Ada dua cara bisa ditempuh. Mau subsitusi bagian atas aja atau keseluruhan,”ujar Agus dari Matic Shop di Jl. Ciledug Raya, No. 11, Ciledug, Tangerang. Maksudnya ganti bagian atas, sebatas kampas kopling dan mangkuk kopling.

Alasan subsitusi bisa dilakukan, karena harga part yang punya kode produksi 5LW (Nouvo) dan 5TL (Mio) ini berbeda. Tentu, lebih murah milik Mio ketimbang Nouvo. Misalnya, harga mangkuk kopling. Jika milik Nouvo dijual Rp 240 ribu, Mio dibanderol Rp 160 ribu.4518hal12_nouvocvt2.jpg

Tapi, sebelum sobat memutuskan untuk subsitusi silakan simak dulu penjelasannya. Jadi, tidak ada penyesalan di kemudian hari. Bagian pertama, secondary fixed. Part yang menjadi penopang sliding sheave ini punya perbedaan. Untuk diameter as misalnya. Punya Nouvo berdiameter 33 mm. Mio, 34 mm.

Memang sedikit lebih besar Mio. “Tapi kalau untuk motor yang sama-sama standar, punya Nouvo jauh lebih bagus. Karena di part milik Nouvo, belt bisa lebih turun dan putaran atas masih jalan,” aku pria 23 tahun ini.

Part kedua yang musti dibeli atau subsitusi, yaitu Secondary sliding sheave. Itu karena part ini mengikuti besarnya diameter lubang as fixed. Harga jual, Mio Rp 130 ribu. Sedang Nouvo, 190 ribu.

Oh ya! Jangan lupa untuk beli sil dan o-ring. Untuk sil Mio, dijual Rp 25 ribu. Nouvo, Rp 42 ribu. Sedang untuk o-ring, baik Mio dan Nouvo dijual Rp 25 ribu. Lanjut ke mangkuk kopling.

Mangkuk kopling Mio memiliki lebar 24 mm. Sedang Nouvo, sedikit lebih kecil. Tepatnya, 22 mm. Hal ini bisa disebabkan dari kampas kopling yang diaplikasi masing-masing tipe.

Kenapa milik Mio lebih lebar, itu karena lebar kampas mio sendiri yang lebih dimatlebar ketimbang Nouvo. Jika Mio memiliki lebar 21 mm, maka Nouvo hanya 15 mm. Itu yang bikin beda, lebar mangkuk kopling.

Bicara harga, mangkuk kopling Mio dijual Rp 160 ribu. Tapi, milik Nouvo dijual lebih mahal. Ya, Rp 240 ribu. Lumayan kan selisihnya bisa sentuh Rp 80 ribuan tuh! Sedang untuk kampas koplingnya sendiri, milik Mio dijual Rp 220 ribu. Nouvo, dijual Rp 285 ribuan.

Hal terakhir yang kudu diganti, yaitu per CVT. “Sebenarnya untuk punya Mio bisa disubsitusi ke Nouvo. Tapi tidak sebaliknya,” bilang Agus yang juga tidak hanya menjual variasi tapi part racing juga.

Kenapa milik Nouvo tidak bisa dipakai ke Mio, karena diameter per Nouvo lebih kecil ketimbang Mio. Jadi, dudukan per di sliding sheave tidak leluasa.

Penulis/Foto : Eka/David
sumber : http://www.motorplus-online.com 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: