>Membuat Website dengan Domain dan Hosting Gratisan


>

.fullpost{display:inline;}

Hallo rekan-rekan Blogger semua dan pengunjung setia TentangKomputerInternet, kali ini Saya akan memberikan informasi tentang cara Membuat Website dengan Domain dan Hosting Gratisan. Dan informasi ini Saya berikan sebagai langkah awal sebelum Anda memutuskan untuk memiliki website dengan Domain dan Hosting berbayar, karena pada  prinsipnya Free atau Pay itu secara teknis adalah sama, perbedaannya adalah dari segi performance dan fitur-fitur yang lengkap bila Anda memilih yang berbayar.

Sebelumnya Saya ingin menjelaskan bahwa untuk membuat sebuah website, kita dihadapkan pada 2 hal yang sangat penting yaitu :
  • Domain
  • Hosting
Nah kali ini kita akan belajar mengenai apa saja yang dibutuhkan untuk membuat website, tapi kali ini adalah gratis dan Anda tidak perlu membayar apapun untuk mendapatkannya.
Berikut ini adalah hal-hal yang diperlukan untuk membuat sebuah website :

Domain

Domain adalah alamat situs seperti http://www.namaanda.com, dan Domain tersedia berbagai macam dengan akhiran .com, .net, .co.id, dll. Dan yang paling populer adalah menggunakan domain .com (international).
Anda bisa memilih nama apapun asalkan nama domain tersebut masih tersedia. Dan nama domain harus dibayar/disewa untuk periode per tahun.
Nah bagi Anda yang belum mampu atau ingin mencoba Domain gratisan, anda bisa mendaftar di co.cc. dan masa gratis tersebut biasanya hanya 1 tahun, dan berikutnya Anda harus Renew kembali atau membayar bila ternyata pihak co.cc mengetahui kalau website Anda digunakan untuk berjualan / berbisnis online. Domain co.cc ini adalah yang paling populer menurut Saya, seperti yang Anda lihat alamat atau URL website ini yaitu http://www.nucleussmart.co.cc adalah domain dengan menggunakan co.cc cuma saja hostingnya masih menggunakan Blogspot dan belum memiliki hosting sendiri. Dan Bagi Anda yang ingin mendaftar untuk mendapatkan domain gratis ini dari co.cc silahkan mendaftar Disini. Dan bila Anda kesulitan dengan langkah-langkahnya, Anda bisa mengikutinya lewat Link ini.

Hosting
Hosting adalah merupakan salah satu layanan jasa penyewaan tempat atau space di Internet yang memungkinkan perorangan ataupun organisasi dapat menampilkan layanan jasa atau produknya di web / situs Internet. Arti tempat atau space disini dapat juga diartikan sebagai tempat penyimpanan data dan file-file website yang dapat diakses oleh user dari semua tempat. Sehingga sebuah website dapat diakses dalam waktu yang sama oleh setiap orang di seluruh dunia.

Sebuah web hosting adalah hal utama dari setiap situs web dan situs tersebut tidak bisa diakses tanpa adanya web hosting. Mereka bertanggung jawab untuk memberikan Anda tempat untuk membangun halaman web, mengatur account email Anda, memberikan anda pilihan untuk menetapkan tambahan fungsionalitas untuk situs Anda misalnya : message board, shopping cart dll.
Web hosting biasanya disewakan dan dibayar secara bulanan atau pertahun.
Kekurangan Free Web Host/Hosting gratisan
  1. Halaman web dengan ruang yang dibatasi
  2. Tidak dapat menambahkan fitur-fitur interaktif seperti : chat room, message board, games, pemesanan online, dll
  3. Mesin pencari sering mengabaikan dan ini merupakan kerugian buat Anda
  4. Pengunjung dapat meragukan kredibilitas Anda
  5. Mungkin akan muncul spanduk dan / atau pop iklan di situs Anda dan / atau disemua halaman Anda
  6. Tidak ada jaminan ketersediaan situs untuk jangka panjang
  7. Miskin bantuan dan dukungan lainnya
  8. Bisa jadi tidak gratis selamanya.
Mungkin setelah baca kekurangan dan kelemahan anda sakit hati…… hehehehe…… Alasan-satunya yang masuk akal membuat situs gratis yaitu apabila anda memerlukan website sementara Atau mungkin anda belum mampu untuk berinvestasi dalam situs web sekarang. Itu sepenuhnya dimengerti.Klo ntar menghasilkan uang jangan lupa segera beli hosting yang berbayar.
Salah satu hosting gratisan yang saya pake dan sudah terbukti baik adalah 000webhost.com ,untuk penjelasan lebih detail silahkan klik link ini.
Web Building Software (Optional)Bila Anda belum tahu software website yang akan Anda gunakan, Anda bisa googling di internet, untuk melihat website-website lain yang sudah ada, dan lihat contoh website yang Anda rasa cocok sebagai website yang Anda inginkan.
Anda bisa menggunakan software website open source (script gratis) seperti blog wordpress.org , joomla, drupal ,phpbb, dan lain-lainnya, tentunya semua tergantung selera anda… Tetapi harap di ingat yang Anda contoh adalah jenis websitenya, bukan mencopy tampilan, dan isi (content) websitenya,karena hal tersebut tidak diperbolehkan.Saran saya lebih baik anda menggunakan wordpress.org karena selain mudah pengelolaannya , seta sangat disukai google/mesin pencari.
Ada Beberapa web host menyediakan web builder sehingga anda tidak memerlukan software tambahan. Salah satu Contoh web host gratisan yang menyediakan web builder adalah 000webhost.com.
Semoga informasi yang Saya berikan diatas berguna bagi Anda semua.
Terimakasih. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: